TUGAS UTS
MANAJEMEN PEMASARAN II
Dosen pembimbing:
YAYUK SRI RAHAYU, SE., MM
DISUSUN OLEH :
HABIBILLAH 10510125
JURUSAN
MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI
MAULANA
MALIK IBRAHIM MALANG
2012

1. BC (Bisnis Center) Uin Maliki Malang
No
|
Nama Barang
|
Satuan
|
Harga Rp
|
1
|
Citra Bengkoang
|
200 Ml
|
Rp. 15.100
|
2
|
Vaselin
|
200 Ml
|
Rp. 20.850
|
3
|
Bimoli
|
2000 Ml
|
Rp. 25.250
|
4
|
Rinso
|
900 g
|
Rp. 13.900
|
5
|
Pepsodent
|
75 g
|
Rp. 3.000
|
2. Indomart Mt Haryono (Dinoyo)
No
|
Nama Barang
|
Satuan
|
Harga Rp
|
1
|
Citra Bengkoang
|
200 Ml
|
Rp. 17.900
|
2
|
Vaselin
|
200 Ml
|
Rp. 24.500
|
3
|
Bimoli
|
2000 Ml
|
Rp. 22.500
|
4
|
Rinso
|
900 g
|
Rp. 13.900
|
5
|
Pepsodent
|
75 g
|
Rp. 3.200
|
3. Giant Dinoyo
No
|
Nama Barang
|
Satuan
|
Harga Rp
|
1
|
Citra Bengkoang
|
200 Ml
|
Rp. 15.890
|
2
|
Vaselin
|
200 Ml
|
Rp. 23.500
|
3
|
Bimoli
|
2000 Ml
|
Rp. 25.290
|
4
|
Rinso
|
900 g
|
Rp. 14.290
|
5
|
Pepsodent
|
75 g
|
Rp. 2.790
|
4. Alfamart Gajayana
No
|
Nama Barang
|
Satuan
|
Harga Rp
|
1
|
Citra Bengkoang
|
200 Ml
|
Rp. 16.900
|
2
|
Vaselin
|
200 Ml
|
Rp. 22.000
|
3
|
Bimoli
|
2000 Ml
|
Rp. 22.900
|
4
|
Rinso
|
900 g
|
Rp. 13.500
|
5
|
Pepsodent
|
75 g
|
Rp. 3.000
|
5. Hypermart (Matos)
No
|
Nama Barang
|
Satuan
|
Harga Rp
|
1
|
Citra Bengkoang
|
200 Ml
|
Rp. 12.100
|
2
|
Vaselin
|
200 Ml
|
Rp. 21.900
|
3
|
Bimoli
|
2000 Ml
|
Rp. 26.300
|
4
|
Rinso
|
900 g
|
Rp. 12.600
|
5
|
Pepsodent
|
75 g
|
Rp. 3.000
|
Dari survey dan menganalisa 5 jenis produk pada 5 tempat swalayan
yang berbeda ternyata jenis produk yang sama harganya berbeda pada satu swalayan
dan swalayan yang lainnya, dan dapat di simpulkan dasar penatapan harga yang di
terapkan pada masing masing swalayan adalah sebagai berikut;
1.
Bc
(Bisnis Center) Uin Maliki Malang ;
a.
Dasar
yang di pakai oleh BC untuk menetapkan harga yaitu dengan penetapan harga tersegmentasi.
b.
Adapun
Strategi yang di pakai oleh BC yakni penetapan harga lokasi. Lokasi yang
dekat dengan kampus dan tempat tinggal para mahasiswa menjadi sasaran utamanya untuk
menentukan harga setiap produk yang di jual, sesuai dengan notabene keuangan
mahasiswa yang kebanyakan menengah.
2.
Indomart
Mt Haryono (Dinoyo)
a.
Dasar
yang di pakai oleh Indomart khususnya indomart di Mt Haryono yaitu Penetapan
harga Psikologis.
b.
Strategi
yang di pakai olehnya yakni dengan harga Acuan. Karena konsumen yang
masuk pada swalayan tersebut banyak sedikitnya sudah mengetahui harga yang
sudah di tetapkan oleh pihak manajemen tanpa menyadari angka-angka nominal yang
berada di belakangnya.
3.
Giant
(Dinoyo)
a.
Dasar
penetapan harga yang di pakai oleh Giant dinoyo Yaitu, Penetapapan harga
promosi.
b.
Strategi
yang di pakai olehnya yakni harga produk
di bawah biaya, swalayan ini masih dalam masa-masa promosi untuk mengambil
hati konsumen, Giant Dinoyo adalah swalayan yang berdiri baru satu tahunan.
4.
Alfamart
Gajayana
a.
Dasar
yang di pakai oleh Indomart khususnya indomart di Mt Haryono yaitu Penetapan
harga Psikologis.
b.
Strategi
yang di pakai olehnya yakni dengan harga Acuan. Karena konsumen yang
masuk pada swalayan tersebut banyak sedikitnya sudah mengetahui harga yang sudah
di tetapkan oleh pihak manajemen tanpa menyadari angka-angka nominal yang
berada di belakangnya.
5.
Hypermart
(Matos)
a.
Dasar
yang di pakai oleh Hypermart untuk menetapkan harga yaitu dengan penetapan
harga tersegmentasi.
b.
Strategi
yang di pakai oleh Hypermart yakni penetapan harga lokasi. Lokasi yang
dekat dengan kampus-kampus dan jalan raya menjadi sasaran utamanya untuk
menentukan harga setiap produk yang di jual.

A.
Halaman
471
1.
Apakah
factor-faktor internal dan external yang mempengaruhi penetapan dalam indrustri
penerbangan?
2.
Apakah
tujuan pemasaran yang di miliki berbagai airline yang ada dalam kasus
ini?
3.
Manakah
yang merupakan biaya tetap industry penerbangan dan manakah biaya variabelnya ?
implikasi apa yang di akibatkan oleh struktur biaya ini pada airline?
4.
Apakah
sifat permintaan dan persaingan dalam industry penerbangan ? Apakah permintaan
antara segmen bisnis dan turis berbeda?
5.
Berikan
rekomendasi penetapan harga dan pemasaran lainnya kepada US airways untuk
membantunya mempertahankan pasar?
Jawab;
1.
-Faktor
internalnya adalah, Perusahaan menjaga factor keuangan dan mengejar target
banyak terjualnya tiket penerbangan setiap hari.
-Sedangkan
factor externalnya adalah pesaing yang datang dan berlomba-lomba memberikan
pelayanan yang baik dan harga yang terjangkau.
2.
Menjual
tiket lebih banyak dengan harga yang lebih terjangkau sehingga dapat bersaing
dengan airline-airline lainnya.
3.
Biaya
tetapnya yaitu biaya oprasional pemeliharaan pesawat serta bandara dan
pembelian bahan bakar, sedangkan biaya variabelnya adalah biaya yang di
keluarkan untuk biaya penumpang dalam penerbangan.
4.
-Permintaan
dan persaingan dalam industry penerbangan sangat terbuka, karena penerbangan
yang satu dengan yang lainnya bersaing secara terang terangan,
-Biaya antara turis
dengan bisnis local memang harus di bedakan karena antara keduanya memiliki
kepentingan dan tingkat kepuasan yang berbeda pula.
5.
Us
Airways slalu memberikan pelayanan-pelayanan terbaik dan ramah pada konsumennya
sehingga konsumen slalu merasa nyaman dan tidak akan pindah ke airline yang
lain, dan ketika ada ketidak nyamanan dalam fasilitas Us Airways slalu
memperbarui fasilitas yang sudah lama atau rusak, sehingga penumpang slalu
merasa nyaman dalam perjalanannya.
B.
Halaman
507
1. Apakah penetapan harga bauran produk yang biasa di jalankan oleh
produk otomotif?
2. Penyesuaian harga apa yang di gunakan dealer mobil?
3. Bagaimana cara CarMax mengubah strategi penetapan harga industry
mobil bekas? Bagaimana reaksi pembeli dan pesaing terhadap perubahan ini?
4. Berikan rekomendasi pasar untuk CarMax?
Jawab;
1.
Biasanya
dealer otomotif menjalankan penetapan
harga produk opsional, yaitu selain menjual produk utama, mereka juga menjual
asesoris mobil yang di inginkan konsumen untuk meperindah tampilannya.
2.
Penetapan
harga Psikologis dan Geografis yang biasa di gunakan dealer mobil untuk
mengambil ketetapan harganya.
3.
CarMax
berani memberi garansi dan menetapkan harga jual sendiri tanpa ada sesi tawar-menawar
lagi dengan konsumen, dan tidak ada harga yang di sembunyikan, CarMak juga
mengaplikasikan jual beli eceran alat-alat elektronik . Pembeli berpendapat
bahwa mereka Senang dengan Pendekatan Penjualan yang di lakukan CarMak.
4.
CarMax
sudah mendapatkan nama baik di hati konsumen, jadi seandainya membuka cabang di
berbagai Negara akan mudah untuk menarik konsumen dan produk-produknya akan
laku di pasaran, dengan Membuka Layanan Servis mobil dan servis gratis CarMax
akan lebih maju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar