SELAMAT DATANG DI Gubuk SEDERHANA HABIBILLAH

Senin, 26 November 2012

Hasil Survey 5 Swalayan di Kota Malang



TUGAS UTS
MANAJEMEN PEMASARAN II
 Dosen pembimbing:
YAYUK SRI RAHAYU, SE., MM

                                                                 

 


DISUSUN OLEH :
HABIBILLAH                                             10510125




JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
2012





*      Hasil Survey 5 Swalayan;

1.    BC (Bisnis Center) Uin Maliki Malang                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              
No
Nama Barang
Satuan
Harga Rp
1
Citra Bengkoang
200 Ml
Rp. 15.100
2
Vaselin
200 Ml
Rp. 20.850
3
Bimoli
2000 Ml
Rp. 25.250
4
Rinso
900 g
Rp. 13.900
5
Pepsodent
75 g
Rp. 3.000

2.    Indomart Mt Haryono (Dinoyo)
No
Nama Barang
Satuan
Harga Rp
1
Citra Bengkoang
200 Ml
Rp. 17.900
2
Vaselin
200 Ml
Rp. 24.500
3
Bimoli
2000 Ml
Rp. 22.500
4
Rinso
900 g
Rp. 13.900
5
Pepsodent
75 g
Rp. 3.200

3.    Giant Dinoyo
No
Nama Barang
Satuan
Harga Rp
1
Citra Bengkoang
200 Ml
Rp. 15.890
2
Vaselin
200 Ml
Rp. 23.500
3
Bimoli
2000 Ml
Rp. 25.290
4
Rinso
900 g
Rp. 14.290
5
Pepsodent
75 g
Rp. 2.790

4.    Alfamart Gajayana
No
Nama Barang
Satuan
Harga Rp
1
Citra Bengkoang
200 Ml
Rp. 16.900
2
Vaselin
200 Ml
Rp. 22.000
3
Bimoli
2000 Ml
Rp. 22.900
4
Rinso
900 g
Rp. 13.500
5
Pepsodent
75 g
Rp. 3.000



5.    Hypermart (Matos)
No
Nama Barang
Satuan
Harga Rp
1
Citra Bengkoang
200 Ml
Rp. 12.100
2
Vaselin
200 Ml
Rp. 21.900
3
Bimoli
2000 Ml
Rp. 26.300
4
Rinso
900 g
Rp. 12.600
5
Pepsodent
75 g
Rp. 3.000

Dari survey dan menganalisa 5 jenis produk pada 5 tempat swalayan yang berbeda ternyata jenis produk yang sama harganya berbeda pada satu swalayan dan swalayan yang lainnya, dan dapat di simpulkan dasar penatapan harga yang di terapkan pada masing masing swalayan adalah sebagai berikut;

1.      Bc (Bisnis Center) Uin Maliki Malang ;
a.    Dasar yang di pakai oleh BC untuk menetapkan harga yaitu dengan penetapan harga tersegmentasi.
b.      Adapun Strategi yang di pakai oleh BC yakni penetapan harga lokasi. Lokasi yang dekat dengan kampus dan tempat tinggal para mahasiswa menjadi sasaran utamanya untuk menentukan harga setiap produk yang di jual, sesuai dengan notabene keuangan mahasiswa yang kebanyakan menengah.
2.      Indomart Mt Haryono (Dinoyo)
a.       Dasar yang di pakai oleh Indomart khususnya indomart di Mt Haryono yaitu Penetapan harga Psikologis.
b.      Strategi yang di pakai olehnya yakni dengan harga Acuan. Karena konsumen yang masuk pada swalayan tersebut banyak sedikitnya sudah mengetahui harga yang sudah di tetapkan oleh pihak manajemen tanpa menyadari angka-angka nominal yang berada di belakangnya.
3.      Giant (Dinoyo)
a.      Dasar penetapan harga yang di pakai oleh Giant dinoyo Yaitu, Penetapapan harga promosi.
b.      Strategi yang di pakai olehnya yakni harga  produk di bawah biaya, swalayan ini masih dalam masa-masa promosi untuk mengambil hati konsumen, Giant Dinoyo adalah swalayan yang berdiri baru satu tahunan.

4.      Alfamart Gajayana
a.       Dasar yang di pakai oleh Indomart khususnya indomart di Mt Haryono yaitu Penetapan harga Psikologis.
b.      Strategi yang di pakai olehnya yakni dengan harga Acuan. Karena konsumen yang masuk pada swalayan tersebut banyak sedikitnya sudah mengetahui harga yang sudah di tetapkan oleh pihak manajemen tanpa menyadari angka-angka nominal yang berada di belakangnya.
5.      Hypermart (Matos)
a.       Dasar yang di pakai oleh Hypermart untuk menetapkan harga yaitu dengan penetapan harga tersegmentasi.
b.      Strategi yang di pakai oleh Hypermart yakni penetapan harga lokasi. Lokasi yang dekat dengan kampus-kampus dan jalan raya menjadi sasaran utamanya untuk menentukan harga setiap produk yang di jual.

*      Study Kasus;
A.    Halaman 471
1.      Apakah factor-faktor internal dan external yang mempengaruhi penetapan dalam indrustri penerbangan?
2.      Apakah tujuan pemasaran yang di miliki berbagai airline yang ada dalam kasus ini?
3.      Manakah yang merupakan biaya tetap industry penerbangan dan manakah biaya variabelnya ? implikasi apa yang di akibatkan oleh struktur biaya ini pada airline?
4.      Apakah sifat permintaan dan persaingan dalam industry penerbangan ? Apakah permintaan antara segmen bisnis dan turis berbeda?
5.      Berikan rekomendasi penetapan harga dan pemasaran lainnya kepada US airways untuk membantunya mempertahankan pasar?
Jawab;
1.      -Faktor internalnya adalah, Perusahaan menjaga factor keuangan dan mengejar target banyak terjualnya tiket penerbangan setiap hari.
-Sedangkan factor externalnya adalah pesaing yang datang dan berlomba-lomba memberikan pelayanan yang baik dan harga yang terjangkau.
2.      Menjual tiket lebih banyak dengan harga yang lebih terjangkau sehingga dapat bersaing dengan airline-airline lainnya.
3.      Biaya tetapnya yaitu biaya oprasional pemeliharaan pesawat serta bandara dan pembelian bahan bakar, sedangkan biaya variabelnya adalah biaya yang di keluarkan untuk biaya penumpang dalam penerbangan.
4.      -Permintaan dan persaingan dalam industry penerbangan sangat terbuka, karena penerbangan yang satu dengan yang lainnya bersaing secara terang terangan,
-Biaya antara turis dengan bisnis local memang harus di bedakan karena antara keduanya memiliki kepentingan dan tingkat kepuasan yang berbeda pula.
5.      Us Airways slalu memberikan pelayanan-pelayanan terbaik dan ramah pada konsumennya sehingga konsumen slalu merasa nyaman dan tidak akan pindah ke airline yang lain, dan ketika ada ketidak nyamanan dalam fasilitas Us Airways slalu memperbarui fasilitas yang sudah lama atau rusak, sehingga penumpang slalu merasa nyaman dalam perjalanannya.
B.     Halaman 507
1.      Apakah penetapan harga bauran produk yang biasa di jalankan oleh produk otomotif?
2.      Penyesuaian harga apa yang di gunakan dealer mobil?
3.      Bagaimana cara CarMax mengubah strategi penetapan harga industry mobil bekas? Bagaimana reaksi pembeli dan pesaing terhadap perubahan ini?
4.      Berikan rekomendasi pasar untuk CarMax?
Jawab;
1.      Biasanya dealer otomotif  menjalankan penetapan harga produk opsional, yaitu selain menjual produk utama, mereka juga menjual asesoris mobil yang di inginkan konsumen untuk meperindah tampilannya.
2.      Penetapan harga Psikologis dan Geografis yang biasa di gunakan dealer mobil untuk mengambil ketetapan harganya.
3.      CarMax berani memberi garansi dan menetapkan harga jual sendiri tanpa ada sesi tawar-menawar lagi dengan konsumen, dan tidak ada harga yang di sembunyikan, CarMak juga mengaplikasikan jual beli eceran alat-alat elektronik . Pembeli berpendapat bahwa mereka Senang dengan Pendekatan Penjualan yang di lakukan CarMak.
4.      CarMax sudah mendapatkan nama baik di hati konsumen, jadi seandainya membuka cabang di berbagai Negara akan mudah untuk menarik konsumen dan produk-produknya akan laku di pasaran, dengan Membuka Layanan Servis mobil dan servis gratis CarMax akan lebih maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar